apa sih enaknya open trip?

   
Tips Wisata dan Jalan Jalan
Sudah Dilihat Oleh : 1813 Pengunjung

Saya termasuk orang yang tidak suka diatur ketika melakukan perjalanan ke suatu tempat. Saya juga tipe orang yang tidak suka menunggu-nunggu seseorang yang serba lambat dalam mengerjakan segala sesuatu. Lebih baik bagi saya untuk pergi seorang diri, tidak terikat dengan orang lain, dan bisa mendapatkan momen-momen terbaik yang bisa saya abadikan di memori handphone ketika traveling.

Oleh karena itu setiap ada teman yang mengajak untuk ikut open trip, dengan tegas saya langsung menolaknya. Walaupun harga dari open trip terkadang menggiurkan dan menggoda iman serta tempat yang dijadikan destinasi cukup menarik, tetap saja saya dengan lantang menolaknya.

Namun akhirnya, karena saking banyaknya ajakan teman-teman supaya ikut dan bergabung dengan mereka membuat hati saya goyah. Open trip yang pertama kali saya ikuti adalah perjalanan ke Krakatau. Berhubung kondisi keuangan yang pas-pasan serta keinginan untuk traveling yang tidak terbendung membuat saya memutuskan untuk mengikuti open trip. Siapa sangka, tak seperti ekpekstasi awal, open trip ternyata cukup menyenangkan!

 

1. Harga bersahabat di kantong

open trip

Foto oleh Ashadi natha

Sebenarnya inilah yang dicari pejalan zaman sekarang. Tidak hanya tempat eksotik yang dikunjungi, tetapi juga tentang harga bersahabat. Selain itu, mengikuti open trip dapat membuat kita berhemat dalam waktu, transportasi, dan penginapan. Ibarat kata sekali kayuh, dua tiga pulau terlampaui.

Bayangkan, hanya dengan uang sebesar 425.000 rupiah sudah termasuk transport, penginapan, kapal, makan malam, dan surat perizinan untuk mendaki ke Krakatau!

Selain itu kemudahan dari open trip adalah, kita bisa bebas menentukan paket yang kita mau. Tentunya harga paket yang murah dan mahal akan berbeda dari segi pelayanan dan kenikmatan traveling.

Artikel terkait: Tips Bagi Mahasiswa Agar Bisa Traveling Terus Tanpa Mengalami Kantong Jebol

 

2. Bertemu teman baru

open trip

Foto oleh Ashadi natha

Melakukan perjalanan dengan orang yang belum kita kenal terkadang terasa canggung. Itulah yang saya alami ketika pertama kali mengikuti open trip. Seperti biasa orang yang ikut open trip pasti akan selalu bersama dengan teman satu timnya, termasuk saya.

Tapi apa gunanya bila kita pergi bersama tidak bersosialisasi dengan orang baru? Itulah poin saya. Hanya bermodalkan tongsis dan kamera serta senyuman yang ramah, saya mencoba mendekati mereka untuk mengobrol.

Siapa sangka dari foto selfie bareng suasana yang tadinya dingin menjadi ramai? Berkenalan dengan orang baru tentunya membantu kita untuk menambah teman, koneksi bisnis, atau mungkin jodoh.

 

3. Belajar sabar kepada orang lain

Pergi dengan banyak orang yang memiliki perbedaan sifat dengan kita mungkin tidak mengenakkan. Bayangkan ketika semua sudah siap berangkat, kita harus menunggu seseorang yang belum siap dengan perlengkapannya atau harus sabar menunggu antrian untuk masuk kamar mandi atau mungkin sekadar mengantri untuk mengambil makan malam.

Ketika ikut open trip, kita belajar menekan ego kita masing-masing. Berhubung kita pergi bersama dengan orang banyak, alangkah baiknya untuk saling mengingatkan antar teman ketika ada yang terlambat. Dengan saling mengingatkan tentunya perjalanan akan berjalan lancar dan akan lebih menyenangkan bukan?

 

4. Melatih kedisiplinan

open trip

Foto oleh Ashadi Natha

Mengikuti open trip berarti kita mengikuti jadwal yang sudah diberikan oleh pihak operator penyelenggara tur. Dalam sebuah open trip, jadwal yang diberikan biasanya cukup padat. Maklum kita akan mengunjungi beberapa tempat dalam waktu yang singkat.

Eh ada yang pasang alarm nggak? Kalo nggak ada biar saya yang pasang,” kata teman sekamar saat itu.

Awas jangan telat bangun lho! Nanti ditinggal!” seru yang lain.

Memang kita akan kelelahan mengikuti jadwal yang diberikan. Tapi anggap saja ini sebagai hadiah bagi kita dalam mengunjungi spot yang menarik. Jadi tidak usah mengeluh harus bangun di pagi buta untuk mengejar sunrise di gunung dengan medan yang cukup berat atau melihat sunrise di pantai yang bersamaan dengan munculnya lumba-lumba. Yang pasti pengalaman ini akan jauh lebih berharga dari rasa lelah yang kamu rasakan setelah melihat pemandangan yang indah di tempat tersebut.

 

5. Semakin mengenal Indonesia

open trip

Foto oleh Ashadi natha

Disadari atau tidak, bertemu dengan teman baru yang berbeda  daerah akan membuat kita menemukan ide baru untuk mengadakan trip ke tempat lain. Itulah yang terjadi dengan saya dan teman-teman baru dalam rombongan open trip kala itu.

Sumber : http://www.phinemo.c
backpacker-indonesia
ROMAnTISNYA TRAVELING BARENG PASANGAN
Diposting Pada : 23/10/2015 2:35:39
Sudah Dibaca : 2485 Visitor
ini alasan kenapa cewek traveling asik dijadiin pacar
Diposting Pada : 23/10/2015 2:30:10
Sudah Dibaca : 1745 Visitor
Liburan ke Bandung, Yuk Kunjungi Taman Unik Berikut Ini
Diposting Pada : 22/08/2015 0:36:08
Sudah Dibaca : 4290 Visitor
Serunya Camping di Pantai Srau Pacitan
Diposting Pada : 22/08/2015 0:33:17
Sudah Dibaca : 2192 Visitor
Wisata Garut,Nuansa Dusun Yang Alami
Diposting Pada : 22/08/2015 0:29:47
Sudah Dibaca : 3874 Visitor
Mengapa WebSite Travel Saya Sepi Pengunjung ?
Diposting Pada : 12/08/2015 11:53:07
Sudah Dibaca : 2184 Visitor
Strategi Marketing Travel, Web Site atau Sosial Media ?
Diposting Pada : 02/08/2015 22:49:36
Sudah Dibaca : 2594 Visitor
Liburan Ke Bangkok, Ini 5 Hotel Dengan Lokasi Terbaik
Diposting Pada : 31/07/2015 21:40:46
Sudah Dibaca : 2794 Visitor
Catuchak Weekend Market,Surga Belanja di Bangkok
Diposting Pada : 31/07/2015 21:36:39
Sudah Dibaca : 2614 Visitor
Garden By The Bay, Hutan Di Tengah Kota Singapore
Diposting Pada : 31/07/2015 21:14:02
Sudah Dibaca : 2625 Visitor